Komponen yang tidak bergerak pada sepeda motor
Yang
dimaksud komponen yang tidak bergerak pada sepeda motor adalah komponen yang
tidak bergerak ketika mesin hidup. Pengertian bergerak di sini tidak sama
dengan berpindah sehingga dapat dipisahkan komponen mana yang bergerak dan
komponen mana yang bergerak. Semua komponen sepeda motor berpindah pada
kedudukannya masing masing ketika sepeda motor berjalan. Komponen komponen yang
tidak bergerak dalam ha ini adalah yang tidak termasuk ke dalam sistem bahan bakar,sistem
pelumasan,dan sistem pendinginan. Pengelompok tersebut hanya dimaksudkan agar
mudah dalam pembahasannya saja. Komponen komponen tersebut antara lain :
1.Blok silinder
Blok
silinder bisa dikatakan bagian yg penting pada suara mesin. Blok silinder
tempat piton bergerak bolak balik dan tempat beberapa komponen kelistrikan
dipasangkan.Jumlah silinder mesin sepeda motor umumnya hanya satu tetapi ada
beberapa sepeda motor bersilinder dua atau lebih. Blok silinder pada sepeda
motor dengan dua silinder atau lebih konstruksinya lebih rumit,karena sistem
pendinginannya menggunakan pendinginan air. Untuk keperluan pendinginan
tersebut maka pada blok silinder perlu dibuat saluran saluran air pendinginan
yang terdiri dari mantel mantel air.
2.Kepala silinder
Bagian
atas blok silinder adalah kepala silinder.kepal silinder dibuat pada blok
silinder dengan baut baut yang panjang. Baut baut tersebut dekeraskan dengan
kekerasan tertentu. Kontruksinya kepala silinder dipengaruhi oleh sistem
pemasukan bahan bakar dan penggerak katupnya.Kepala silinder juga sebagai
tempat pemasangan busi. Busi tersebut dipasangkan dengan cara diulirkan.
Elektroda busi menghadap ke ruang bakar.
3.Bak engkol
Bak
engkol merupakan ruangan tempat berputarnya engkol. Bagian bawah bak engkol
adalah ruang karter tempat minyak pelumas. Tutup kartermerupakan belahan blok
silinder yang dibaut pada sekeliling tepinya pemasangan belahan tersebut diberi
perpak di antara keduanya untuk mencegah kebocoran minyak pelumas. Baut baut
tersebut dipasang dengan kekerasan tertentu oleh pabrik pembuatnya. Namun pada
motor 2 tak,ruang engkol tidak digunakan untuk penampuan oli mesin,tetapi
difungsikan sebagai ruang bilas untuk proses pemasukan campuran udara dan
bensin ke dalam silinder.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar