Minggu, 15 November 2015

KOmponen yang tidak bergerak pada sepeda motor



Komponen yang tidak bergerak pada sepeda motor
                Yang dimaksud komponen yang tidak bergerak pada sepeda motor adalah komponen yang tidak bergerak ketika mesin hidup. Pengertian bergerak di sini tidak sama dengan berpindah sehingga dapat dipisahkan komponen mana yang bergerak dan komponen mana yang bergerak. Semua komponen sepeda motor berpindah pada kedudukannya masing masing ketika sepeda motor berjalan. Komponen komponen yang tidak bergerak dalam ha ini adalah yang tidak termasuk ke dalam sistem bahan bakar,sistem pelumasan,dan sistem pendinginan. Pengelompok tersebut hanya dimaksudkan agar mudah dalam pembahasannya saja. Komponen komponen tersebut antara lain :
 1.Blok silinder                                                                      
                Blok silinder bisa dikatakan bagian yg penting pada suara mesin. Blok silinder tempat piton bergerak bolak balik dan tempat beberapa komponen kelistrikan dipasangkan.Jumlah silinder mesin sepeda motor umumnya hanya satu tetapi ada beberapa sepeda motor bersilinder dua atau lebih. Blok silinder pada sepeda motor dengan dua silinder atau lebih konstruksinya lebih rumit,karena sistem pendinginannya menggunakan pendinginan air. Untuk keperluan pendinginan tersebut maka pada blok silinder perlu dibuat saluran saluran air pendinginan yang terdiri dari mantel mantel air.
2.Kepala silinder
                Bagian atas blok silinder adalah kepala silinder.kepal silinder dibuat pada blok silinder dengan baut baut yang panjang. Baut baut tersebut dekeraskan dengan kekerasan tertentu. Kontruksinya kepala silinder dipengaruhi oleh sistem pemasukan bahan bakar dan penggerak katupnya.Kepala silinder juga sebagai tempat pemasangan busi. Busi tersebut dipasangkan dengan cara diulirkan. Elektroda busi menghadap ke ruang bakar.
3.Bak engkol
                Bak engkol merupakan ruangan tempat berputarnya engkol. Bagian bawah bak engkol adalah ruang karter tempat minyak pelumas. Tutup kartermerupakan belahan blok silinder yang dibaut pada sekeliling tepinya pemasangan belahan tersebut diberi perpak di antara keduanya untuk mencegah kebocoran minyak pelumas. Baut baut tersebut dipasang dengan kekerasan tertentu oleh pabrik pembuatnya. Namun pada motor 2 tak,ruang engkol tidak digunakan untuk penampuan oli mesin,tetapi difungsikan sebagai ruang bilas untuk proses pemasukan campuran udara dan bensin ke dalam silinder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar